'>

Selasa, 19 Agustus 2014

All about Indonesia ...


Indonesia, Negara dengan 1001Budaya

Indonesia adalah negara yang berada di asia tenggara yang di lintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua asia dan australia serta antara samudra pasifik dan samudra hindia. Wilayah Indonesia membentang dari Sabang sampai Merauke. Dengan wilayah yang luas apalagi dengan kekayaan yang melimpah, baik di bidang kelautan, kehutanan, pertambangan, budaya, dan lain-lain. Bangsa Indonesia mempunyai potensi dan keunggulan yang luar biasa yang  tak kalah dari negara-negara lain didunia. Dengan potensi yang dimiliki, bangsa Indonesia mampu menorehkan prestasi yang sangat luar biasa yang diakui oleh dunia. Berikut potensi budaya bangsa Indonesia yang mampu di akui di dunia.

1. Batik              
Batik adalah salah satu kekayaan Indonesia yang sangat terkenal di dunia Internasional sebagai warisan dunia setelah ditetapkan oleh UNESCO pada Oktober 2009 lalu.  Batik sebagai asli warisan budaya Indonesia pernah di klaim oleh Malaysia, yang namun dapat direbut kembali oleh Indonesia. Dan bahkan presiden terkenal dari afrika selatan sendiri Nelson Mandela menyatakan cinta terhadap batik Indonesia. Ini terbukti saat kunjungan negara ataupun pertemuan antar negara yang berlangsung di PBB sering menggunakan batik. Sejarah pembatikan di Indonesia sendiri berkaitan dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan kerajaan sesudahnya. Dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram, kemudian pada masa kerajaan Solo dan Yogyakarta. Kesenian batik merupakan kesenian gambar di atas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluarga raja-raja Indonesia zaman dulu. Awalnya batik dikerjakan hanya terbatas dalam kraton saja dan hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya. Oleh karena banyak dari pengikut raja yang tinggal diluar kraton, maka kesenian batik ini dibawa oleh mereka keluar kraton dan dikerjakan ditempatnya masing-masing.


2. Tarian Asli Indonesia
Begitu banyak tarian diIndonesia kita ini, salah satunya adalah Tari Kecak. Tari Kecak adalah tarian khas dari Bali.  Tarian ini sangat memukau masyarakat dunia. Salah satunya di Belgia, tarian ini telah memukau masyarakat di sana. Bahkan kabarnya Dirjen Bimas Hindu Kementrian Agama RI, Prof  Dr Yudha Triguna yang juga hadir di sana menyatakan rasa kagum juga bangga. Nah, Jika Kementrian Agama saja sangat bangga akan hal ini, maka kita juga patut bangga. Selain Tari Kecak kita juga punya Tari Saman contohnya, Tari Saman juga pernah meraih  perhargaan Best Performance Award dalam acara Cultural Showcase yang digelar University of Leeds sebagai bagian dari World Unite Festival (WUF) 2013 yang berlangsung pada 10-17 Februari lalu di Inggris. 
4. Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu dari antara banyaknya bahasa di negara tercinta ini. Bahkan kata "Bahasa Indonesia" juga disertakan dalam sumpah Pemuda. Bahkan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof Dr Mahsun M.S. mengatakan," Siapapun yang menjadi pemimpin bahasa ke depan, itulah yang melaksanakan pada 5 tahun ke depan."  Ini artinya bahasa menjadi modal utama bagi para generasi muda saat ini untuk menjadi Presiden.
5. Pencak Silat
 Pencak silat adalah olahraga bela diri tradisional yang berasal dari indonesia .Dalam praktiknya pencak silat memerlukan banyak konsentrasi. Ada pengaruh budaya Cina, agama Hindu, Budha, dan Islam dalam pencak silat. Biasanya setiap daerah di Indonesia mempunyai aliran pencak silat yang khas. Misalnya, daerah Jawa Barat terkenal dengan aliran Cimande dan Cikalong, di Jawa Tengah ada aliran Merpati Putih dan di Jawa Timur ada aliran Perisai Diri. Setiap empat tahun di Indonesia ada pertandingan pencak silat tingkat nasional dalam Pekan Olahraga Nasional. Pencak silat juga dipertandingkan dalam SEA Games sejak tahun 1987. Di luar Indonesia juga ada banyak penggemar pencak silat seperti di Australia, Belanda, Jerman, dan Amerika. Bahkan pencak silat sekarang sudah merambah di 42 negara di seluruh dunia

Sumber: Disini dan perubahan seperlunya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar